Manusia Tidak Dapat Dihancurkan Selama Masih Setia Pada Hatinya


Breaking News

Sample Link List

Minggu, 22 Desember 2019

Penganggaran Daerah Kabupaten Ngawi



1. Apa prioritas pertama kebijakan anggaran di kota Ngawi ?

 Infrastruktur dan penguatan ekonomi menjadi fokus utama pemkab Ngawi hingga tahun 2020 mendatang

2. Apa yang melatarbelakangi hal tersebut ?

Dua landasan tersebut mengemuka dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Kabupaten Ngawi 2019-Musrenbang, di pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi, Kamis ( 21/03/2019). pelaksanaan Musrenbang adalah mengklarifikasi usulan masyarakat melalui forum musrenbang desa maupun musrenbang kecamatan. hal ini juga diselaraskan dengan sekala prioritas daerah yang sudah dirancang dalam penyusunan RKPD tahun 2020. Sehingga hasil akhir dari musrenbang menjadi rancangan akhir RKPD 2020 setelah ditetapkan dengan SK Bupati dan menjadi acuan dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran Sementara ( KUA-PPAS ) dan APBD tahun 2020.

3. Pihak-pihak mana yang berkepentingan dan akan terlibat dalam proses penganggaran

a. Bupati
b. OPD Organisasi Perangkat Daerah
c. BUD Bendahara Umum Daerah
d. DPRD Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
e. TAPD Tim Anggaran Pemerintah Daerah
f. SKPKD Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah

4. Apa langkah-langkah yang dilakukan oleh pemimpin politik dalam melakukan perencanaan

a. Penentuan Pedoman Anggaran
Pedoman anggaran belanja didasarkan pada anggaran belanja selama setahun yang telah dibuat dan dipersiapkan beberapa bulan sebelum anggaran tahun berikutnya. Dalam penyusunan ini, dikenal manajemen puncak sebagai dasar dalam menyusun anggaran belanja. Kegiatan manajemen puncak antara lain:
– Penetapan rencana besar sebagai dasar penyusunan anggaran belanja . Rencana besar ini disusun layaknya tujuan, asumsi, dan juga kebaikan dari anggaran belanja yang dibuat.
– Pembentukan panitia untuk menyusun anggaran belanja selama periode tertentu.
b. Persiapan Anggaran
Setelah aktivitas manajemen  membutuhkan waktu untuk mempersiapkan anggaran. Dalam hal ini yang melakukan persiapan tidak hanya staf di bagian keuangan saja, melainkan dibutuhkan kerja sama yang solid dari semua divisi supaya penganggaran berjalan sempurna.
c. Penentuan Anggaran
Langkah selanjutnya adalah menentukan anggaran belanja yang telah dibicarakan dan dipersiapkan sebelumnya oleh banyak pihak
d. Pelaksanaan Anggaran
Tahapan terakhir adalah pelaksanaan anggaran belanja. Tahapan ini merupakan langkah terakhir dari penyusunan anggaran yang kemudian akan diputus dalam keputusan tunggal. Masing-masing pengguna anggaran di tiap bagian akan mulai melaksanakan anggaran belanja sebagaimana yang telah disepakati dalam anggaran belanja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Alferdo 1922